Senin, 23 April 2018

Makalah: Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah untuk bahan mata kuliah Dasar – Dasar Humas. Dalam makalah ini saya sebagai penulis menyajikan persoalan mengenai “Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli”. Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, namun saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan penulisan untuk masa yang akan datang. Akirnya saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya penulis maupun para pembaca serta dapat menambah wawasan tentang Public Relation.





                                                                                                Bekasi, 3 Oktober 2017
                                                                                                                        Penulis
--

                                                                                                                                           
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………………………………………………….i
KATA PENGANTAR…………………………………………………ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………...iii

BAB I             PENDAHULUAN
A.    Tujuan Penulisan Makalah……………………….....2
B.     Metode Pengumpulan Data…………………………2
C.     Sistematika Penulisan………………….…...……….2

BAB II            PEMBAHASAN
A.    Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli……..3

BAB III          PENUTUP
A.    Kesimpulan……..….….……...………..……….….....7
B.     Saran - saran…..….….……...………..………..…….7

DAFTAR PUSTAKA

     ---

BAB I
PENDAHULUAN

Public relations merupakan lapangan baru di bidang komunikasi yang perkembanganya berkaitan erat dengan kemajuan masyarakat di berbagai bidang, terutama di bidang industry, bisnis bahkan akhir-akhir ini juga berkembang pesat di bidang politik pemerintahan. Di kehidupan modern seperti sekarang ini, banyak masalah penting yang dihadapi oleh lembaga-lembaga ekonomi dan bisnis, lembaga-lembaga social, serta polotik setelah terjaadinya Revolusi Industri, di antaranya seperti masalah “hubungan” (relationship). Permasalahannya berkisar pada pertanyaan “bagaimana menbangun dan mengembangkan hubungan-hubungan yang baik antara berbagai lembaga tersebut dengan masyarakat (publik) demi tercapainya tujuan dari lembaga atau organisasi tersebut”.
Kita hidup dalam kondisi saling tergantung, terutama di bidang ekonomi dan teknologi. Untuk itu kita membutuhkan hubungan yang dilandasi oleh sikap saling percaya demi terbentuknya suatu hubungan yang baik. Saling tergantung (interdependensi) antara individu dengan perusahaan dan pemerintah dengan organisasi-organisasi social telah menciptakan kebutuhan akan filsafat dan fungsi baru dalam manajemen. Fungsi itulah yang disebut sebagai “hubungan masyarakat”.
Kondisi dan iklim sosial yang membuat segenap lembaga tersebut bergerak, banyak diwarnai kesalahpahaman, bahkan adanya kondisi seperti itu bisa menimbulkan pertentangan-pertentangan antara atasan dan bawahan, antara industry dan masyarakat lingkungannya, serta antara pengusaha pabrik dan distributornya. Yang menjadi masalah adalah bagaimana dapat dicapai pendekatan dan penyesuaian sikap dan pandangan masyarakat terhadap lembaga-lembaga tersebut. Oleh karena itu kajian ini patut untuk dikaji lebih lanjut. Penulis akan menguraikan kajian ini dalam bentuk makalah dengan judul : “ Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli”
                                                                                                                                       
A.    Tujuan Penulisan Makalah
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar – Dasar Humas
2.      Untuk memberikan informasi kepada para pembaca bahwa public relations sangat menarik
3.      Memperdalam pengetahuan tentang pengertian public relations
B.     Metode Pengumpulan Data
Dalam makalah ini, penulis memperoleh data dengan cara sebagai berikut :
1.      Browsing dan Searching Internet
Media internet adalah salah satu cara untuk mendapatkan penjelasan atau informasi mengenai istilah – istilah asing beserta penjelasannya mengenai public relations
2.      Studi Pustaka
Studi pustaka merupakan metode dengan cara membaca buku – buku yang berhubungan dengan judul makalah yang akan dibahas.
C.    Sistematika Penulisan
Dalam pembuatan makalah, penulis membaginya dalam beberapa bab untuk mempermudah pembaca memahami isi makalah. Penyusun menyajikannya dengan sistematika sebagai berikut :
BAB I :       PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tujuan penulisan makalah, metode pengumpulan data, dan sistematika penulian.
BAB II :     PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan pengertian public relations menurut para ahli.
BAB III :    PENUTUP     
Pada bab ini penulis memberikan kesimpulan dan penutup.

---
                                                                                                                   
BAB II
PEMBAHASAN


A.   Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli
Dalam ilmu komunikasi, arti dan definisi public relations cukup beragam. Public relations berasal dari bahasa Inggris. Public yang berarti masyarakat umum dan relations berarti hubungan. Sehingga, public relations pada umumnya lebih dikenal dengan istilah hubungan masyarakat ( humas ).
Berikut ini akan dijelaskan 20 ( dua puluh ) pengertian public relations menurut para ahli dan sumbernya :
1.     Menurut Dr. Rex Harlow
Public Relations adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama; melibatkan manajemen dalam menghadapi persoalan/permasalahan, membantu manajemen dalam mengikuti dan memenfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.                                                                               (Public Relation, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin.2002 hal 16)
2.      Menurut Cutlip dan Center dalam Effendy (2009:116)
Public Relations (PR) adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian dan dukungan publik.
3.     Dr. M. Weisglas, Een Terreinverkenning (1955) 
        Public Relation merupakan kesadaran pentingnya hubungan baik, sistematis, dengan organisasi dari dunia luar .                                                                                                                                       
4.     Menurut (British) Institute of Public Relations (IPR) dalam Frank Jefkins (2003:9)
Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak.
5.     Menurut International Public Relations Association (IPRA) dalam Rumanti (2005:11)
Public Relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.
6.     Menurut Frank Jefkins
Public Relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. (Public Relations, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin. 2002 hal 10)
7.     Menurut J. C. Seidel
Public Relation adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan public yang lebih luas. Kedalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan.                                   (Dasar-Dasar Public Relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.12)                                                                                                                
8.     F.E. Hollander, Doelmating bedriifsbehee, (1952)
Public Relation adalah membangun hubungan baik secara sistematis antara kelompok publik atau orang, bahwa organisasi mempunyai ikatan atau ketergantungan.
9.     Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, New Yorks
Public Relation merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku public, mengindentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dengan interes public dan melaksanakan program tindakan (komunikasi) untuk mendapatkan pemahaman dan pengertian public.    
10.                        W. Emerson Reck1
Public Relation adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penetuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka.
11.                        Edward L. Bernays
Public Relation adalah usaha - usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.                                                                           (Everything you should know about public relations,2003 hal.6)
12.                        Cutlip, Center, dan Broom2
Public Relation adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.
13.                        Howard Bonham
Seorang  Vice Chairman  pada  American National Red Cross, yang berbunyi : “ Public Relation adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperbesar kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi”. (Suhandang : 2004 : 44)                                                                                                                   
14.                        Menurut Edy Sahputra Sitepu (2011:2)
Menjelaskan public relations dalam makna yang sederhana adalah tatap muka ( hubungan ) antara kelompok - kelompok dalam suatu tatanan masyarakat.
15.                        Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8)
Public Relation adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
16.                        Menurut Onong Uchjana Effendy (2006:23)
Hubungan Masyarakat ( Humas ) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.
17.                        Anthony Davis
Public Relation adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi dengan publiknya.                                                                                                   (Everything You Should Know About Public Relations,2003 hal. 3)
18.              Public Relation  yang modern adalah suatu rencana tentang kebijaksanaan dan kepemimpinan yang akan menanamkan kepercayaan publik dan menambah pengertian mereka.                                                                        (Dasar-Dasar Public Relation, Oemi Abdurrachman,MA, 1986 hal. 26)
19.              Public Relation merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organsasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial(perusahaan) maupun organisasi yang nonkomersial.                                                  (Teori Dan Profesi Kehumasan, M. Linggar Anggoro, 2000 hal 1)
20.              Public Relation adalah kelanjutan dari proses pembuatan kebijaksanaan, pelayanan, dan tindakan bagi kepentingan terbaik dari suatu individu atau kelompok agar individu atau lembaga tersebut memperoleh kepercayaan dan goodwill dari publik.
(Dasar-Dasar Public Relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.12)

                                              --                                                                                                         
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Sebagai sebuah profesi seorang public relation bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situas.
Posisi public relation merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.

B.     Saran – Saran
Citra perusahaan terletak pada praktisi public relations. Sebaiknya praktisi public relations bekerjasama dengan praktisi lain secara koordinasi, integratif, antisipatif, dan solutif untuk menjaga citra perusahaan. Selain itu praktisi public relations harus tetap bertahan menjaga citra perusahaan dalam keadaan apapun.

           ---
                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
DAFTAR PUSTAKA

Prof. Drs. H.A.W. Widjaja. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT.Bumi  Aksara
‘1Burlingame, Dwight. 1990. Library Development:A Future Imperative. Routledge. Hal 16
Ruslan, Rosady. 2005. Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Seidel. 1947. Stores. Jilid 33. National Retail Merchants Association, Inc. Hal 20.
‘2Dozier, David M, dkk. 1995. Manager's Guide To Excellence In Public Relations And   Communication Management. Routledge. Hal 71.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relations & Public Relations. Bandung : Mandar Maju
Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga
Sitepu, Edy Sahputra dan Faulina. 2011. Profesional Public Relations. Medan: USU Pers
Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikasi.  Bandung : Remaja Rosdakarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proposal Usaha Salad Sayur

--- Kata Pengantar Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan keridoannya, saya bisa membuat suatu...