---
Kata Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan
keridoannya, saya bisa membuat suatu
gagasan usaha yang Insya Allah akan bermanfaat.
Dalam penulisan tugas proposal ini kami saya merasa banyak kekurangan baik pada
teknis maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki. Untuk itu
kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurnaan
pembuatan proposal ini.
Bekasi, 8 Maret 2018
---
Daftar Isi
LAMPIRAN
---
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang.
Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan
makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun harus diingat, tidak
semua jenis makanan itu sehat. Bahkan, banyak yang menggunakan bahan-bahan yang
buruk sehingga akan mengganggu kesehatan kita. Menu ini adalah kuliner yang
sehat, tetapi juga nikmat dan membuat yang memakannya merasa segar.
Salad
makaroni ini berisi berbagai jenis sayuran segar yang ditambahkan dengan
makaroni yang nikmat. Salad sayur sangat cocok bagi kaum wanita yang ingin
melakukan diet, adapun manfaatnya untuk menurunkan berat badan, membuat awet
muda, dan juga melancarkan pencernaan.
Menu ini bisa diberikan untuk melengkapi nutrisi anak anak juga. Vitamin yang
terkandung didalamnya sudah mampu memenuhi nutrisi tersebut.
B. Tujuan
Tujuan
proposal ini adalah membuat sebuah
produk yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, yaitu salad yang dapat di buat sendiri dirumah dan bahan- bahan yang
mudah didapatkan. Tujuan yang kedua, menjadikan salad makaroni menjadi makanan favorit dan makanan yang sehat untuk
dikonsumsi dalam kondisi dan waktu kapanpun serta di berbagai acara-acara.
C. Manfaat
Proposal
ini saya buat agar bermanfaat, seperti belajar mandiri untuk mengisi waktu
luang setelah kuliah, atau dapat juga bermanfaat untuk :
1. Mampu
memenuhi kebutuhan dan selera konsumen.
2. Menciptakan
makanan dengan inovasi terbaru.
3. Meningkatkan
pendapatan dan memperoleh keuntungan.
BAB 2
PROFIL PERUSAHAAN
A. Nama Usaha
Usaha ini bernama “MAKSA”;Makaroni Salad. Nama ini
dipilih karena ada unsur unik agar khalayak tertarik dan merasa penasaran untuk
membelinya. Diberi nama makaroni walaupun nama bahan yang dipakai adalah
fusilli karena orang-orang lebih mengenal istilah makaroni (fusilli dan
makaroni masih satu jenis).
B. Bidang Usaha
Usaha Makaroni Salad ini bergerak dibidang makanan ringan sehat. Modal yang dikeluarkan tidak begitu banyak.
Usaha
salad seperti ini saya pikir sangat membantu untuk awal usaha dan terbilang
sedikit pesaingnya. Saat ini lebih
banyak penjual lain yang menjual makanan kurang sehat seperti banyak memakai
bumbu msg dan tingkat kepedasan yang
dapat mengganggu kesehatan. Untuk sasaran pemasaran, Salad
Makaroni
ini aman untuk dikonsumsi untuk segala jenis usia,
dari anak-anak hingga dewasa.
C. Analisis SWOT
1.
Strength (Kekuatan)
-
Pembuatan yang
terbilang mudah.
-
Bahan produk
yang terjamin dan higienis.
-
Harga
terjangkau.
-
Aman dan bergizi
untuk dikonsumsi, karena menggunakan sayur-sayuran segar.
2.
Weakness (Kelemahan)
-
Konsumen yang
masih ada tidak terlalu menyukai sayur-sayuran.
-
Tidak bisa
disimpan dalam jangka waktu yang lama.
3.
Oportunity (Peluang)
-
Minat konsumen
yang tinggi.
-
Tidak banyak
orang yang menjual Salad Makaroni.
4.
Threat (Ancaman)
Adanya pesaing yang
menjual makanan yang lebih menggiurkan dan banyak yang tertarik untuk
membelinya.
BAB 3
ANALISIS LINGKUNGAN
A. Produk dan Segmentasi Pasar
-
Produk
Produk ini adalah salad yang menggunakan
bahan-bahan alami, rasanya yang segar dan
lezat serta berserat tinggi yang baik untuk
kesehatan, adapun harganya juga sangat terjangkau.
-
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar dari produk ini yaitu untuk kalangan umum karena bisa
dinikmati dari semua kalangan, dari yang muda sampai yang sudah dewasa
juga bisa menikmati produk ini.
B. Analisa Marketing Mix (4P)
Untuk menganalisa Marketing Mix (4P), saya menggunakan
seluruh strategi dalam Marketing Mix 4P (Product,
Promotion, Place, Price). Antara lain
sebagai berikut :
-
Product
(Produk)
Produk yang dijual
adalah “MAKSA”;Makaroni Salad yang merupakan makanan yang sudah tidak asing
lagi di zaman era gobalisasi ini. Dan produk yang dibuat adalah homemade,
artinya produk yang dihasilkan asli dibuat oleh saya sendiri tanpa pengawet dan
bahan yang digunakan pun alami.
-
Promotion
(Promosi)
Dalam melakukan promosi
produk ini diantaranya dengan melalui media online (via Broadcast Message, Instagram) , Face to Face (dengan mendatangi langsung
konsumen), Public Relation (mengemukakan promosi produk ke beberapa
kelas).
-
Place
(Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di GOR Bekasi saat CFD, lingkungan sekitar rumah,
di kampus dan di tempat sekolah. Karena letaknya yang cukup ramai dan mudah
dijangkau masyarakat (konsumen).
-
Price
(Harga)
Harga perporsi Rp 12.000,. Strategi yang saya lakukan adalah menjual produk sebanyak
banyaknya dengan harga yang terjangkau dengan tidak mengurangi kualitas isi
produk.BAB 4
ANALISIS KEUANGAN
A. Modal
1. Bahan
Baku
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Fusilli no.202
|
500gr
|
13.500
|
Selada
|
2ikat
|
5.000
|
Timun
|
550gr
|
11.500
|
Wortel
|
395gr
|
6.500
|
Jagung pipilan
|
1kg
|
19.000
|
Bawang bombay
|
200gr
|
3.000
|
Jumlah total
|
Rp 58.500
|
2. Bahan
Tambahan
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Saus sambal
|
140ml
|
6.000
|
Thousand island
|
500gr
|
10.000
|
Jeruk nipis
|
100gr
|
4.500
|
Jumlah total
|
Rp 20.500
|
3. Biaya
Perlengkapan & Peralatan
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Mangkok plastik
|
10pcs
|
9.900
|
Sendok plastik
|
25pcs
|
4.500
|
Jumlah total
|
Rp 14.400
|
Jadi
total modal yang dibutuhkan adalah :
Bahan
Baku
|
Rp 58.500
|
Bahan
Tambahan
|
Rp 20.500
|
Perlengkapan
|
Rp 14.400
|
Total Modal
|
Rp 93.400
|
B. Harga Pokok Penjualan (HPP)
Modal
sejumlah Rp. 93.400,- dapat dipergunakan untuk memproduksi 10 salad macaroni.
Rumusnya :
HPP = Modal : Produksi
= Rp. 93.400 : 10
= Rp. 9.340
C. Harga Jual
Laba
yang diinginkan 25% = Laba x HPP
=
25% x Rp. 9.340
=
Rp. 2.335
Harga
Jual = Total laba (Rp) + HPP
= Rp 2.335 + Rp. 9.340
= Rp 11.675
Dibulatkan harga jualnya menjadi Rp. 12.000,-
D. Perkiraan Pendapatan
Target per Hari =
5 Cup Salad
=
5 x Rp. 12.000
=
Rp. 60.000
Pendapatan per Bulan =
30 x Rp. 60.000
=
Rp. 180.000
Pendapatan per Tahun =
12 x Rp. 180.000
=
Rp. 2.160.000
E.
BAB 5
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu
mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan usaha
yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang strategis,
pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga
usaha yang akan dijalankan dapat berjalan dengan baik.
salfok sama backgroundnya
BalasHapus